Chrissy’s Odyssey: The Bucket List

Kebiasaan catat-mencatat dan berangan-angan sudah saya miliki sejak saya bisa menulis dan mengerti kalau ngelamun bisa ada isinya juga 🙂 Saya suka melamunkan tempat-tempat indah yang saya baca di buku, majalah, laman internet ataupun yang saya tonton di acara TV maupun film.  Dari kecil saya membuat daftar tempat-tempat itu setiap kali saya menemukan tempat-tempat baru yang menarik.

Salah satu cita-cita saya sebenarnya adalah keliling dunia. Jika saya bisa dan sudah siap keliling dunia penuh waktu, maka saya akan melakukannya. Namun kenyataanya saya masih perlu aktivitas pendukung untuk bisa membuat saya bisa keliling dunia (Baca: perlu modal!) Dan lagi, saya punya cita-cita untuk berkarya di bidang energi dan diplomasi. Jadi sampai saat ini masih berjuang untuk membangun karir yang menyatukan hasrat saya di bidang energi, diplomasi dan keliling dunia.

Mimpi? Iya.

Mustahil? Tidak. Pasti bisa!

Konsekuensinya? Usaha ekstra.

Realistis itu harus tapi jangan sampai membunuh mimpi.

Sikap! Kita punya seumur hidup kok untuk mengejar mimpi, dan utamanya kita bisa punya mimpi baru setiap saat. Bagi saya, mimpi adalah bahan bakar mesin kreativitas dan produktivitas saya. Jadi akan percuma kalau bahan bakarnya ada tapi tidak dibakar! Alias percuma mimpi doang kalau tidak berusaha mewujudkannya!

Sampai sekarang saya memegang teguh prinsip bahwa to travel is to live. Berjalan (atau saya lebih suka menerjemahkannya sebagai “Melihat Dunia”) itu hidup. Banyak yang komentar: “Jalan-jalan mulu!” , atau bertanya “Kapan menikah? Keasyikan jalan-jalan sih” ada juga yang menghakimi “Duit kok dihabisin buat jalan-jalan?”

Nyesek juga sih kalau yang komentar orang-orang terdekat kita. Padahal…

Siapa bilang saya tidak memikirkan menikah?

Siapa bilang saya tidak menabung dan berinvestasi?

Intinya saya mau bilang: Mind your own business, I know what I am doing! There I said that! There are only couples of people who get it. Cara saya menjalani hidup kan beda sama situ, selama saya tidak mengganggu situ, ya jangan repot!

Tapi ujung-ujungnya yang keluar cuma senyum dan “Terima kasih buat perhatiannya.”

Saya suka sekali dengan sebuah kutipan. Kutipan ini saya baca di dinding Anchorage Museum di Alaska. Bunyinya begini:

“Esghallghilnuq, Nagaqullghilnguq, Nanghiillghilnguq, Nalluksaghqaq”

Artinya…

“What you do not see, do not hear, do not experience, you will never really know “ -Iyaaka

Ya. Kamu tidak akan benar-benar tahu kalau kamu tidak melihat sendiri, tidak mendengar sendiri, tidak mengalami sendiri (hal itu).

Saya merasa lebih hidup setiap kali saya memulai sebuah perjalanan dan ketika sedang di dalam petualangan. Tidak ada yang dapat menggantikan perasaan itu. Saking semangatnya bisa ketawa-ketawa terus atau sakit perut pernah juga mual-mual. Heboh, deh 😀

Daftar ini saya simpulkan tahun lalu, ketika saya genap berusia 25 tahun. Saya menantang otak untuk menjawab beberapa pertanyaan besar tentang hidup saya. Salah satunya saya bertanya pada diri sendiri:

Mau kemana lagi sih? Perjalanan apa lagi yang mau kamu alami selama masih hidup?

Dan lahirlah daftar ini sebagai jawaban:

The cross-off latest update is on February 8, 2018 🙂

  1. Melihat Aurora berdansa di langit. >> Puji Tuhaaan bisa lihat di malam tahun baru dan awal Januari 2017 kemarin 🙂
  2. Menjelajah Machu Picchu di Peru dan trekking di Inca Trail.>> Kesampaian ke sana di Agustus 2015; Inca Trail, I’m coming sooon!!! Update 8 Feb 2018: Akhirnyaaaa… pada tanggal 2 Januari 2018, dengan darah dan air mata (lebay, haha) saya finish Inca Trail dan sekali lagi ketemu Machu Picchu!!! Puji Tuhan!
  3. Minum anggur merah sambil duduk-duduk cantik di kebun anggur di Perancis Selatan! – and those lavender fields… ooowh 😉
  4. Tinggal di pedesaan Italia, belajar masak sama mama-mama di sana dan abis itu… pesta makaaan a la mesita grande, like a family! Screw those skinny jeans!!!
  5. Jelajah Meksiko sambil kulineran! Sampai sekarang saya masih terkesan dengan betapa miripnya makanan Meksiko dengan masakan Manado.
  6. Berkendara keliling Islandia. >> Januari 2017, tapi masih kepengen balik lagi :-p
  7. Melihat paus bermain di laut lepas! I always dreamed of seeing that flipping tail and listen to them singing; One day 🙂
  8. Berkendara menyusuri Pulau Utara dan Selatan New Zealand. >> September 2013
  9. Melihat matahari terbit dari Candi Borobudur dan Gunung Bromo… 2 destinasi epic (meski mainstream) sunrise di negeri tercinta.
  10. Ekspedisi ke Antartika. Suatu saat pasti sampai di sana, semoga punya rezeki dan sehat, AMIIIIIIIN.
  11. Keliling ASEAN! Sedekat itu, tapi memang belum berkesempatan ke semua negara Asia Tenggara ini…
  12. Belajar bahasa Spanyol di Spanyol dan penasaran banget  pengen liat tari Flamenco…. sebenarnya sih ingin ketemu Iker Casillas; yah moga-moga bisa sekalian… haha
  13. Mengalami Turki dan naik balon udara di Capadoccia.>> Februari 2015, tapi masih gagal naik balon karena faktor cuaca, maybe later with my future husband… #suergakbaper haha…
  14. Menjelajah pulau-pulau di NTT dan melihat Komodo! >> Oktober 2015, sumpaaaah NTT indah banget, selain TNK aku juga jatuh cinta sama Waerebo 🙂
  15. Safari di Afrika. Melihat langsung migrasi satwa yang pasti epic! Aaaaaah, one day!
  16. Trekking di Taman Nasional Torres del Paine, Chile.  >> Januari 2018, mimpi saya jadi kenyataan buat trekking dan mengalami indahnya Patagonia dari taman nasional ini 🙂
  17. Musim gugur di Taman Nasional Acadia, Maine, USA. National Geographic Magazine November 2005 dan Michael Melford, kalianlah alasannya!
  18. Trekking di Yosemite National Park, California. Sekaligus exploring California sampai puassss… this state intrigue me so much!
  19. Bermalam di Gurun Sahara  >> Maret 2016, Sahara yang indah dan Maroko yang penuh warna! 
  20. Menjelajah kepulauan Galapagos. I do believe in Darwin’s work. Enough said. >> Januari 2018, yeaaaay kesampaiaaan juga! Terima kasih Tuhan!
  21. Melihat piramida di Mesir sambil ikut workshop arkeologi gitu… a-la a-la Indiana Jones deh pokoknya :p
  22. Napak tilas Jalur Sutra, termasuk negara-negara Asia Tengah dan Iran.
  23. Melihat Pegunungan Himalaya dan Puncak Everest dengan mata kepala sendiri. >> Akhirnya melihat Everest (meski dengan terbang) di Mei 2016. Tapi memang tidak puas kalau tidak trekking sendiri ke sana ya makanya lahirlah si nomor 27 🙂
  24. Trek-up to Everest Base Camp! Ya, Tuhan- tolong saya supaya konsisten berlatih dan bisa ke sana sebelum umur 35, AMIIIIIIN!
  25. Naik kereta Trans Siberia! Kemudian menghabiskan malam di St. Petersburg.
  26. Menjelajah Papua! Penasaran sekali dengan festival lembah Baliem dan pegunungan-pegunungan Papua.
  27. Mengalami negara-negara di Semenanjung Balkan.
  28. Melihat Taj Mahal dan ikut festival Holi di India.
  29. Naik keledai di Santorini sambil nonton sunset. Kuat gak ya keledainya ngangkut saya? asa ga tega 😛
  30. Memuncaki Rinjani 🙂 Gunung ini menggoda banget deh buat didaki…
  31. Nonton tari kecak sambil melihat matahari terbenam di Bali. Klise? Bodo amat!

Saya merasa terberkati karena ada pula diantara mimjpi-mimpi tersebut yang sudah jadi kenyataan. Awalnya saya punya daftar yang lebih panjang lagi, tapi akhirnya hasil semadi membuat saya sadar bahwa sesungguhnya “cuma” tempat-tempat diatas yang ingin sekali  saya alami di masa hidup saya. Daftar ini mungkin berubah: mungkin bertambah, mungkin berkurang. Satu yang pasti, saya terus bermimpi dan akan membuat mimpi-mimpi itu jadi kenyataan.

Screen Shot 2018-05-20 at 11.13.37 AM

Disclaimer:

Featured photo captured by F. Rahmansyah, New Zealand 2013.

10 Comments Add yours

  1. Oktya says:

    kak, aku boleh minta emailnya heheh

    Like

  2. chekaharmen says:

    bolyeeeh… please mail to chekaharmen(at)gmail(dot)com

    Terimakasih sudah datang berkunjung!

    Like

  3. Hamung says:

    Awesome… you go girl 🙂

    Like

  4. Sisi lain dari Mbak Christine… kaguum bgt… pengen kyk qmu, punya keberanian buat menjelajahi dunia… semoga semua impiannya terwujud. Aamiiin

    Like

    1. chekaharmen says:

      Amiiin… Terima kasih Kak Siska sudah datang berkunjung 🙂

      Like

  5. Lita says:

    Semangaaat christine…pst km bs mengejar impianmu…God bless u.

    Like

  6. Wow… I adore your big dreams. Salah satu travel bucket list yang paling menggoda itu nomor 3, 4, 5, dan 35. Mmm.. Jadinya bukan salah satu ya. Hehehe… I hope that you can continue to travel the world and share with us. Yes, travelling itu butuh modal yang gak sedikit, but I believe that once you have the will, you’ll have many ways to accomplish it. I love reading your travelling journal. Keep up the spirit! 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s